PlayBoy.co.id Umum Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri : editoronline.co.id

Cara Mengobati Gusi Bengkak Disertai Nyeri : editoronline.co.id

 

 

 

Halo semua, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengobati gusi yang bengkak disertai nyeri. Gangguan ini cukup umum terjadi dan dapat menyebabkan ketidaknyamanan saat makan atau bahkan berbicara. Mari kita cari tahu apa yang dapat kita lakukan untuk meredakan gusi bengkak dan menghilangkan rasa nyeri yang menyertainya.

1. Menjaga Kebersihan Mulut

Menjaga kebersihan mulut adalah langkah pertama yang harus dilakukan untuk mengobati gusi bengkak dan nyeri. Pastikan Anda menyikat gigi dua kali sehari dan membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang gigi. Hindari makanan yang sulit dikunyah atau yang dapat menempel di gigi dan gusi, seperti permen karet atau makanan yang lengket.

Selain itu, gunakan obat kumur antiseptik untuk membunuh bakteri di mulut dan mencegah infeksi lebih lanjut. Minumlah air yang cukup setiap hari untuk menjaga kelembapan mulut dan menghindari dehidrasi yang dapat menyebabkan gusi menjadi lebih sensitif.

Apabila Anda merokok, cobalah untuk menghentikan kebiasaan tersebut. Rokok dapat mengiritasi gusi dan memperlambat proses penyembuhan.

Jangan lupa untuk mengunjungi dokter gigi secara teratur untuk pemeriksaan dan membersihkan plak yang menumpuk di gigi dan gusi.

Tabel: Makanan yang Perlu Dihindari

Makanan yang Perlu Dihindari Penjelasan
Makanan manis Gula dapat memperburuk peradangan pada gusi.
Makanan keras atau renyah Makanan seperti kerupuk atau kacang-kacangan dapat melukai gusi yang sudah bengkak.
Makanan panas atau pedas Makanan panas atau pedas dapat meningkatkan rasa nyeri pada gusi yang bengkak.

2. Mengompres Dingin

Jika gusi Anda bengkak disertai nyeri, Anda dapat mengompres area yang terkena dengan es batu yang dibungkus kain bersih. Dinginnya es batu dapat membantu mengurangi pembengkakan dan menenangkan rasa nyeri. Tempelkan kain yang mengandung es batu di area yang bengkak selama 15-20 menit beberapa kali sehari.

ūüĒ•TRENDING :  Pusat Layanan Aplikasi Visa China Masa Pendemi : Mocipay

FAQ

Q: Apakah saya bisa menggunakan air hangat sebagai pengganti kompres dingin?

A: Tidak disarankan. Air hangat dapat memperburuk kondisi gusi yang bengkak dan nyeri.

Sumber :

Related Post