Gunung Tsiremay di Jawa Barat adalah yang tertinggi : YayasanBaik

Daftar gunung tertinggi di Jawa Barat

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan pegunungan di Jawa Barat?   Keindahannya benar-benar bisa membuat orang terpana. Jadi, Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia. Kontur tanah di daerah ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa provinsi lain di pulau Jawa.

Karena keberadaan banyak gunung, sepertinya tidak mengherankan jika hingga saat ini banyak yang memilih Jawa Barat sebagai tempat peristirahatan. Dataran tinggi di provinsi ini, ternyata, memiliki ketinggian sekitar 1000-2000 meter di atas permukaan laut.

Selain tinggi, ternyata keindahan alam menjadi salah satu hal yang disorot. Tak heran juga jika banyak pendaki yang menjadikan gunung di Jawa Barat sebagai salah satu destinasi mereka.

Memang ada banyak gunung di Jawa Barat, tetapi beberapa  dari Anda mungkin bertanya-tanya di mana dataran tinggi tertinggi itu. Mungkin karena jenisnya terlalu banyak, jadi jangan lakukan dengan benar. Tak perlu khawatir, berikut beberapa nama gunung tertinggi di wilayah Jawa Barat tersebut.

Gunung Tsiremay di Jawa Barat adalah yang tertinggi

Gunung tertinggi pertama adalah Chiremay. Jadi Chiremay terletak di Kuningan, Chirebon dan Majalengka. Ketinggian Tsiremaya dapat mencapai 3.078 meter di atas permukaan laut dan merupakan salah satu gunung berapi aktif. Puncaknya terletak di bibir kawah, di mana cukup datar dan lebar.

Bagi pendaki, mereka bisa resmi menggunakan empat jalur pendakian. Masing-masing dari mereka, tentu saja, memiliki kesulitan dan fasilitasnya sendiri. Ada begitu banyak keindahan yang ditawarkan Tsirimai. Mulai dari pemandangan alam dan diakhiri dengan suasana yang asri.

Nah, bagi para pendaki, Anda harus memahami jalur mana yang paling mudah digunakan.   Jangan sampai nanti ri shiko karena anda tidak tahu area yang digunakan dengan benar. Jadi, jalan paling terkenal di Tsiremay adalah pendakian Bapa Tere dan merupakan salah satu pendaki paling unik di pulau Jawa.

Tsiremay memang menempati posisi nomor satu sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.   Sebagai salah satu gunung tertinggi, ternyata di Tsiremay Anda  dapat melihat bunga-bunga edelweiss ketika Anda berada di puncak. Tentu saja, ini membuat Tsiremay semakin cantik.

Selain Edelweiss, di kaki gunung terdapat berbagai macam tempat bersejarah bagi Indonesia. Kembali pada masa kolonialBela, Anda menemukan bahwa gedung perundingan linggarjati terletak di kaki Tsiremay. Berikut ini menambah daya tarik pengunjung yang tertarik dengan keindahan Tsiremaya di Jawa Barat.

Pangrango Gunung tertinggi kedua di Jawa Barat

Dataran tinggi berikutnya yang dapat ditemukan di barat Jawa adalah Pangrango. Jadi, Pangrango memiliki ketinggian sekitar 3.019 meter di atas permukaan laut, Anda bisa menemukannya melalui rute Bogor, Sukabumi dan Changjur.

Ternyata Pangrango masuk ke zona Taman Nasional Gede Pangrango dan benar-benar terlindungi. Ada Lembah Mandalawangi yang selalu menjadi incaran wisatawan. Di lembah ini Anda akan melihat hamparan Edelweiss yang indah.

Menjadi kawasan wisata yang diumumkan secara resmi pada tahun 1980, Pangrango sering dikunjungi oleh wisatawan, khususnya pendaki. Meski banyak orang yang suka mendaki, ternyata orang pertama yang menginjakkan kaki di puncak Pangrango bukanlah orang Indonesia, melainkan orang Jerman, C.G.C. Reinwardt atau pendiri Kebun Raya Bogora pada tahun 1819.

Pada tahun 1977, Pangrango berhasil ditetapkan oleh UNESCO sebagai cagar biofisik dan ini membuat namanya lebih dikenal luas oleh wisatawan. Banyak pendaki ingin melihat keindahan Lembah Mandavalangi dan dataran tinggi Edelweiss terbang di sepanjang ini sendirian. Termasuk, menjadi bagian dari gunung tertinggi di Jawa Barat  dan menempati posisi nomor dua, Ternya dan Pangrango berhasil mencuri perhatian banyak pengunjung.

Banyak orang di luar Jawa yang beranggapan bahwa Pangrango dan Gede menjadi satu bagian, meskipun hal ini tidak benar karena letaknya juga berseberangan. Pangrango jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan Gunung Gede. Tetapi karena tempat itu terlalu dekat, sering dianggap satu nama.

Gunung Gede memiliki Surya Kenkana Square

Nah, seperti yang disebutkan sebelumnya ada Gunung Gede. Jadi dataran tinggi ini masih berada di kawasan Taman Nasional Gede – Pangrango. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 2.958 mdpl dan terletak di seberang Pangrango.

Ada banyak  hal menarik di  Dataran Tinggi Gede,  di mana terdapat beberapa kawah yang masih aktif. Kawah tersebut adalah Kawah Wadon, Kawah Lanang, Kawah Ratu dan Kawah Baru. Nah, ada tempat menarik yang selalu mencuri perhatian pengunjung ketika datang ke Gunung Gede, yaitu Lapangan Surya Kenkana.

Jangan bayangkan Surya Kenkana Square sama seperti di beberapa kota atau kabupaten besar. Di alun-alun ini, Anda akan semakin kagum dengan pemandangan pohon Edelweiss, di mana ada beberapa di antaranya. Namun terlepas dari ini, pendaki disarankan tidak hanya untuk mengambilnya dan Edelweiss, karena juga dilindungi.

Selain banyaknya hamparan Edelweiss di sebuah gunung di Jawa Barat, ternyata Surya Kenkan Square juga sering dijadikan tempat  berkemah  bagi para pendaki. Sehingga Anda bisa menikmati hamparan Edelweiss dan merasakan perasaan berada di tempat yang indah.

Karena merupakan salah satu kawasan Taman Nasional Gunung-Gede Pangrango, sehingga banyak fauna yang benar-benar dilindungi. Misalnya Owa Jawa, Lutung Surili, Macan Tutul, Biul Slentek dan masih banyak lainnya. Sehingga  keindahan   gunung di Jawa Barat ini masih sangat terlindungi.

Gunung Tsikurai di Jawa Barat Eksotis Sunrise Lihat Eksotisnya Sunrise.

Selain itu, ada juga Gunung Chikurai yang berada 2.821 meter di atas permukaan laut. Dataran tinggi ini memiliki lokasi di distrik Qikajang, Bayongbong dan Dayeu Manggun. Bentuk Tsikurai benar-benar kerucut dan tidak bergerak. Ketika berada di atas, Anda mungkin dapat mengetahui bahwa area tersebut datar dan tidak terlalu besar. Tapi Jangan khawatir  karena ada  postingan ann awakening.

Banyak pendaki juga datang ke Tsikurai untuk menikmati matahari terbit.   Sehingga banyak pendaki yang mengatakan bahwa pemandangan matahari terbit di tempat yang satu ini benar-benar jauh lebih indah jika dibandingkan dengan peson yang ada di puncak Papandayana. Tapi kecantikan itu tidak benar, karena puncak Tsikurai cukup kotor.

Cikuray merupakan gunung tertinggi keempat di Jawa Barat, namun  sayangnya puncaknya benar-benar kotor akibat vandalisme dari para pendaki, di mana ia kurang bertanggung jawab. Ada begitu banyak coretan yang dapat Anda temukan saat  berada di puncak Dataran Tinggi Qikurai.

Jika ingin melakukan pendakian, Anda bisa mengambil rute Ciledug yang cukup aman dan resmi. Jika dari Bandung sebenarnya sangat mudah untuk bepergian dengan transportasi umum. Anda juga dapat memperluas transportasi umum untuk sampai ke gerbang pendakian.

Meskipun demikian, sebagai pendaki, sangat disarankan untuk tidak merusak atau memblokir. Jauh lebih baik jika Anda mempertahankan keindahan Cikuray, hanya menikmati pemandangan alam.

Sebagai salah satu provinsi dengan dataran tinggi, tidak heran jika Jawa Barat memiliki banyak gunung. Beberapa dari mereka memiliki pesona indah yang membuat wisatawan bergerak ke arah pendekatan.

Bahkan, beberapa di antaranya juga wisatawan luar provinsi yang ingin menikmati keindahan Jawa Barat. Anda juga bisa mencoba mengunjungi salah satu  gunung di Jawa Barat untuk merasakan pesona keindahannya.

Read More :